MENGANTAR SURVEY LOKASI CALON MUBALIGH MUDA DI WONOSALAM

MBS JOMBANG

Islami, Inovatif, Unggul, Berdaya saing

MENGANTAR SURVEY LOKASI CALON MUBALIGH MUDA DI WONOSALAM

Menindaklanjuti dialog pada tanggal 4 April 2021 yang digagas oleh LPCR PDM Jombang untuk menyemarakkan dakwah di Wonosalam, maka pada tanggal 6 April 2021 Pengasuh MBS Jombang mengantar perwakilan santri untuk mengadakan survey lokasi di Wonosalam Jombang. Pengasuh ditemani Ustadz Nuqman yang menjabat sebagai Ketua Program Tahfidz di Pondok Pesantren MBS Bareng Jombang dan juga sudah mempunyai hafalan 30 juz.

Di lokasi survey Pengasuh menemui ustadz Gigih Bawono selaku Ketua PCM Wonosalam dan Mbah No salah satu tokoh masyarakat setempat. Sesuai kesepakatan, rencananya MBS Bareng Jombang akan menerjunkan 7 calon mubaligh muda. Mereka adalah lulusan SMP MBS Jombang dan saat ini juga sudah lolos selekasi masuk MBS Jombang tingkat SMA. Mereka akan didampingi beberapa ustadz secara bergilir selama bulan ramadhan 1442 H. Selama di lokasi medan dakwah para calon mubaligh muda mempunyai tugas: membina dan mengajar di TPQ setempat, menjadi imam sholat taraweh, kultum/ ceramah setelah sholat taraweh dan lain lain.

Untuk Kajian agama yang lebih mendalam adalah tugas ustadz ustadz pendamping yang dilaksanakan menjelang buka puasa yang diberi jadwal 2 kali seminggu. Para calon mubaligh muda ini selama di lokasi medan dakwah akan ditempatkan dan menginap di rumah warga agar bisa dengan cepat menyatu dengan masyarakat. Rombongan ini akan dipusatkan di dua lokasi berbeda yaitu di dsn Tukum ds Wonosalan ( Masjid Mujahidin PCM Wonosalam ) dan dsn Sumberarum ds Sambirejo Kec. Wonosalam ( Musholla Ar Rochmah ).

Untuk informasi, calon santri MBS Bareng Jombang tingkat SMA yang lolos seleksi mempunyai hafalan paling sedikit 5 juz dan yang paling banyak 26 juz.

Agar keberadaan calon mubaligh muda selama di lokasi medan dakwah tidak membebani warga setempat, maka seluruh perbekalan disiapkan oleh para santri sendiri termasuk kebutuhan makan sehari hari dan uang saku santri disiapkan oleh MBS Jombang. Hal ini sejak awal diajarkan kepada para santri agar kelak kalau sudah terjun di masyarakat kegiatan dakwahnya tidak membebani masyarakat. Oleh karena itu para santri juga dibekali ilmu dunia yang cukup seimbang dengan ilmu agamanya.