PEMBELAJARAN INOVATIF SMP MBS JOMBANG

SMP MBS JOMBANG
Islami, Inovatif, Unggul dan Berdaya Saing.

Sejak kebijakan belajar di rumah ditetapkan oleh pemerintah secara nasional pada bulan Maret 2020 lalu, seluruh santriwan dan santriwati SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jombang khususnya kelas VII belum diperkenankan untuk kembali ke pondok.

Hampir kurang lebih 4 bulan mereka belajar di rumah melalui daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan). Sebagai santri baru, tentunya mereka rindu ingin mengenal langsung ustadz dan ustadzah.
Dengan adanya musibah covid 19 ini, mengharuskan kita untuk hidup didalam sebuah tatanan baru. Dan juga dengan Kegiatan Belajar Mengajar harus dirancang ulang agar lebih optimal, inovatif dan tersampaikan dengan baik meskipun melalui jarak jauh. SMP MBS Jombang terus berusaha untuk mencapai hal tersebut. Salah satunya dengan mengagendakan pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi zoom meeting agar siswa dapat mendapatkan ilmu secara langsung dari pengampu mata pelajaran.

Hari ini Senin, tanggal 27 Juli 2020 SMP MBS menerapkan pembelajaran menggunakan aplikasi zoom yang diikuti seluruh kelas VII. Sesuai dengan jadwal pada hari Senin, maka santriwan dan santriwati memperoleh materi Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris.

Adapun agenda pembelajaran melalui zoom meeting sebagai beriktut:

  1. Perkenalan pemateri pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa jawa, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab (15 Menit)
  2. Pemutaran video materi Bahasa Inggris sekaligus penjelasan (10 Menit)
  3. Pemutaran video materi Bahasa Arab sekaligus penjelasan (10 Menit)
  4. Pemutaran video materi Bahasa Jawa sekaligus penjelasan (10 Menit)
  5. Penjelasan materi Bahasa Indonesia (10 Menit)
  6. Penguatan materi sekaligus penutupan oleh moderator (5 Menit)

Selama pembejaran, santriwan maupun santriwati mencatat dab mengerjakan tugas yang diberikan sesuai dengan mata pelajaran yang telah ditentukan.

Semoga Allah memberi kelancaran dan meridhoi langkah SMP MBS JOMBANG untuk mendidik generasi penerus bangsa.

KAUR HUMAS
Ustadzah Aizatul Farikhah

Leave a comment