MONITORING DAN EVALUASI PENDAMPINGAN POSKESTREN

SMP MBS JOMBANG
Islami, Inovatif, Unggul dan Berdaya Saing
MONITORING DAN EVALUASI PENDAMPINGAN POSKESTREN
Oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang; Bu Luluk Nur Kholishoh, S.KM, M.Si
dan Kepala Puskesmas Bareng Jombang dr. Andri Suharyono, M.Kp

Pos Kesehatan Pesantren atau biasa disingkat dengan POSKESTREN merupakan upaya kesehatan yang bersumber masyarakat di lingkungan pondok pesantren, dengan prinsip dari, oleh dan untuk warga pondok pesantren yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan warga pondok pesantren dan masyarakat sekitar tentang pentingnya kesehatan.

Dalam perjalanan berdirinya POSKESTREN, selalu terdapat pendampingan yang bertujuan untuk memantau dan menilai ketercapaian kesehatan di lingkungan pondok tersebut. Seperti yang kita ketahui, SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Jombang merupakan sekolah sekaligus pondok pesantren modern yang mewajibkan semua santri untuk bermukim di pondok pesantren.

Hari ini; Selasa, tanggal 13 Oktober 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang dan Puskesmas Bareng mengadakan monitoring dan evaluasi pendampingan POSKESTREN. Adapun susunan acara pada monitoring tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
  3. Sambutan perwakilan dari Kepala Sekolah SMP MBS Jombang
  4. Sambutan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang
  5. Pemaparan SMD & MMPP Pondok Pesantren tahun 2020
  6. Keliling pondok Pesantren
  7. Masukan dari Dinas Kesehatan Kab. Jombang
  8. Penutup

Acara Monitoring dan evaluasi hari ini dibuka pukul 09.00 dan diakhiri pada pukul 11.00. Dalam sambutannya, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang memberikan apresiasi kepada SMP MBS Jombang yang telah mencapai progress yang sangat baik dari tahun lalu. Dimana, progress tersbut terdapat pada pembangunan yang terus meningkat dan dilengkapi dengan fasilistas yang memandai dan sesuai dengan protokol kesehatan, seperti kamar mandi yang bersih dan pencahayaan yang cukup, makanan yang sehat, kamar santri yang bersih dan rapi, kantin yang menjual makanan yang bergizi dan sehat serta lingkungan yang indah dan bersih. Dalam pemaparannya, beliau juga menambahkan untuk menjaga imun peserta didik, berjemur dibawah sinar matahari pagi, beristirahat sesuai dengan porsinya dan selalu Bahagia.

Semoga SMP MBS Jombang bisa mempertahankan nilai yang telah dicapai dan meningkatkan menjadi leibih baik lagi.
SMP MBS JOMBANG, TAK HENTI MERAIH PRESTASI!