Sejarah Singkat MBS Jombang

MBS JOMBANG mulai dibuka tahun 2014. Merupakan program khusus SMP Muhammadiyah1 Jombang, menyusul program sebelumnya yaitu, kelas reguler berbasis multimedia dan kelas billingual berbasis multiple intellegence approach (MIA). Saat ini SMP Muhammadiyah1 Jombang merupakan sekolah paling favorit di kota Jombang dengan jumlah 17 kelas pararel. MBS JOMBANG menempati sebuah komplek Pondok yang sebelumnya sudah ditutup oleh pemiliknya lalu diwakafkan ke Muhammafiyah Jombang beserta sawah seluas 2.5 Ha. Pemangku MBS adalah PDM Jombang. Kyai/ustadz dan ustadzahnya dari PDM dan PDA Jombang. Yang stand by 24 jam di pondok banyak Antara lain pengelola pondok beserta keluarga yang guru PNS dpk B. Inggris, ustadz beserta keluarga yang lancar B.Inggris dan B.Arab, ada 1 ustadz dari PUTM Jogja, ada 2 ustadzah dari PUTM /UNMUH Malang yang lancar komunikasi B.Inggris dan B.Arab.

Untuk TP 2015/2016 yang sudah menfaftar 45 santri putra putri. Kuota tahun ini 60 santri. Sejak Januari 2015 kami selalu memperkenalkan MBSJOMBANG dengan para santri ke pengajian2 dan rapat wali murid kelas 6 di MI/SD Muhammadiyah di Jombang, pare, dan Lamongan. Para santri selalu memperkenalkan MBS menggunakan B. Inggis dan B. Arab juga kemampuan hafalan dan terjemah Al Qur’an. Alhamdulillah sambutannya luar biasa. Contoh : promosi ke MIM1 Jombang waktu ada rapat wali murid. Setelah promosi ada 10 orang tua yang mendaftarkan putra putrinya ke MBS, MIM1Pare ada 5, Ngoro Jombang ada 6, MIM Mojoagung ada 4, MIM Jogoroto afa 2, ada juga dari Bateng, Gudo, Jombang kota, Ttenggalek, Lamongan, Mojokerto, Sidoarjo, Surabaya, Bali, Bangka belitung, Batam dll.

Dalam waktu pembelajaran 8 bulan kelas 7 sudah mampu menunjukkan prestasinya dalam Olimpiade Al Ilam dan Kemuhammadiyahan berbahasa Inggris di Unmuh Sidoarjo se Jawa Timur masuk semi final dan metaih peringkat 13 se Jawa Timur diantara ratusan peserta dari sekolah sekolah/Pondok Muhsmmadiyah yang lebih dulu eksis.
Sekarang ini MBS JOMBANG lagi membangun dan mengembangkan asrama putri, kelas putri, Musholla putri dan rumah ustadz dan ustadzah. Dengan dana tidak kurang dati 0.5 M. Alhamdulillah bisa selesai dengan dana swadaya warga Muhammadiyah Jombang.

Terima kadih Ya Robb. Semoga MBS JOMBANG bisa mencetak kader Muhammadiyah dan bangsa yang selalu berjuang di jalanMu. Amiiin…..